RSS

Loading Time pada Website

Tugas Desain Web dan Animasi
Oleh dosen Achmad Bachris


Menurut artikel cetakan seorang webmaster dari kepulauan pantai selatan inggris Jhon W.K braham, salah satu ciri-ciri website yang baik adalah Halaman Web ringan untuk dibuka. Kita sering sekali menemukan halaman web yang lambat sekali pada saat loading halaman web tertentu,hal itu dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti banyaknya konten gambar dan backlink pada web tersebut atau penggunaan Content Management System. Tenggang waktu sebuah halaman web dibuka hingga muncul dengan sempurna biasa disebut Loading Time.

Loading time dalam web adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan dalam komputer. Cepat atau lambat Loading Time dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti elemen CSS, elemen HTML, elemen javascript, gambar, animasi, Content Management System (CMS) dan lain-lain.


Salah satu parameter baik atau buruknya sebuah web adalah Loading Time, sebab itu bagi seorang Webmaster hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diperhitungkan, hanya karena Loading time yang cenderung terlalu lama “kepuasan” pengunjung mengakses sebuah web akan berkurang. Jika website kita gagal ditampilkan dalam beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website. Hal ini sering terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.

Menurut pendapat sebagian orang kecepatan Loading time dapat bergantung pada beberapa hal, antara lain :
  • Kecepatan akses internet di sisi pengguna dan kondisi koneksi pada saat itu.
  • Banyaknya/besarnya sumber eksternal yang dihubungkan ke halaman situs web anda.
  • Banyaknya file gambar/besarnya total ukuran file gambar atau flash dalam situs anda.
  • Proses query ke database pada saat suatu halaman diakses.
  • Penggnaan Content Management System.
  • Kualitas bandwidth sebuah perusahaan web hosting.

Bagaimana jika ternyata web kita memiliki Loading time yang cenderung terlalu lama? Berikut beberapa hal yang perlu kita koreksi untuk memecahkan masalah tersebut :
  1. Masalah virus dalam komputer anda, baik karena mengirim atau menerima data dari dan ke internet.
  2. Masalah koneksi ISP baik karena jaringan yang rusak atau sedang masa maintenance.
  3. Situs anda barangkali memasang informasi yang diambil dari situs lain dalam bentuk RSS Feeds, gambar, video, dan lain-lain. Pada saat website dibuka oleh pengunjung maka website akan mengakses situs lainnya yang menyimpan informasi asal. Hal inilah yang menyebabkan kelambatan dalam mengakses website anda, yakni karena proses pengambilan data dari website lain tersebut memakan waktu.
  4. Jika anda memasang file gambar berukuran dimensi 1024x768 pixel dihalaman situs web anda, ukuran file gambar ini rata-rata diatas 1MB. Dan saat website diakses maka layar browser pengunjung berusaha mendownload file gambar ini bersama informasi teks lainnya. Semakin banyak file gambar / flash yang berdimensi besar, maka semakin besar ukuran total halaman situs web tersebut.
  5. Situs web anda menggunakan Content Management System (CMS) seperti Joomla atau Mambo, yang menggunakan database dan PHP. Jika anda mengaktifkan terlalu banyak modul, setiap modul akan mengakses database setiap kali pengunjung membuka halaman website anda. Jika query dari halaman situs ke database terlalu banyak, website anda akan terasa berat dan lambat saat dibuka.

Notes :

Sebuah penelitian online menyebutkan bahwa 75 % pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog atau situs yang Loading time-nya lebih dari empat detik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar