RSS

Unsur-unsur Desain Web dengan 5W+1H

Sebelum kita bicara tentang apa itu Unsur-unsur yang terkandung dalam Desain Web yang dikenal dengan 5W+1H, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu pengertian Desain Web sendiri. Secara singkat Desain Web dapat diartikan sebagai suatu seni dan proses dalam menciptakan halaman web yang melibatkan estetika dan mekanisme dari suatu operasi situs web.


Nah gimana menurut kalian dari uraian singkat diatas, mudah-mudahan ada sedikit bayangan tentang apa itu Desain web dan apa saja yang akan kita lakukan ketika kita mendesain sebuah web.


Sesuai judul, kita akan membahas unsur-unsur yang terkait dalam sebuah Desain Web yang baik. Untuk menghasilkan sebuah Web dengan kualitas yang baik tentu ada kiat-kiat yang dapat kita ikuti. Suatu situs web dapat dikatakan baik apabila setidaknya dapat memberikan kepuasan pada pengunjungnya sehingga dapat menarik minat pengnjung lain untuk mengunjungi web kita. Kemudian, bagaimana sih agar web kita memiliki kualitas yang baik? Web yang baik berawal dari Desainnya yang baik, Desain web yang baik harus memiliki unsur-unsur berikut yg di singkat menjadi 5W+1H.


What = Apa

Who = Siapa

When = Kapan

Where = Di mana

Why = Mengapa


How = Bagaimana


What = Apa

Ini adalah untuk menanyakan untuk tujuan apa web kita dibuat dan tema apa yang akan diangkat dalam web kita tersebut.



Who = Siapa

Ini adalah untuk menanyakan siapa sajakah yang akan menjadi sasaran web kita. Sehingga diharapkan, jika kita sudah paham tentang dari kalangan mana saja pengunjung kita nanti, dapat memudahkan kita dalam proses mendesain situs secara mendetail.


When = Kapan

Ini adalah untuk menanyakan kapan kita akan memulai mendesain. Mendesain situs web sangat berbeda dengan desain-desain yang lain. Ketika sebuah web sudah selesai dibuat dan kemudian dipublikasikan, justru itu adalah awal dari pekerjaan seorang Web designer


Where = Di mana

Ini adalah untuk menanyakan dimanakan kita akan mempublikasian web kita yang telah tuntas dibuat. Keamanan sebuah situs web adalah prioritas utama, dan disarankan untuk mempublikasikan web kita pada perusahaan penyedia jasa hosting web yang berkualitas baik dan terjamin keamanannya.


Why = Mengapa

Sampailah kita pada poin Why, sebelum kita berlanjut pada poin ini pastikan kita sudah mempunyai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Poin Why ini adalah untuk menanyakan mengapa kita memilih untuk menjawab seperti jawaban-jawaban yang sudah kita buat dari pertanyaan-pertanyaan diatas. Jika kita sudah mempunyai jawaban dari poin Why ini, kita sudah semakin siap untuk memulai mendesain web kita sendiri.


How = Bagaimana

Ini adalah untuk menanyakan bagaimana langkah-langkah kita selanjutnya untuk merealisasikan dari What, Who, When, Where, dan Why di atas.


Jika kita sudah memahami betul tentang konsep 5W+1H di atas, kini mulailah kita untuk mendesain situs web. Selamat mendesain situs web.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar